EMOSI REMAJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK REMAJA MASJID FAJAR RAMADHAN KECAMATAN MEDAN JOHOR


Judul:

EMOSI REMAJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK REMAJA MASJID FAJAR RAMADHAN KECAMATAN MEDAN JOHOR

Nama:

Tia Mutiara

Abstraksi:

Masa remaja dikenal dengan masa storm and stress dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik yang pesat dan pertumbuhan secara psikis yang bervariasi. Masa remaja, merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Pada fase ini remaja mengalami perubahan dalam sistem kerja hormon dalam tubuhnya dan hal ini memberi dampak pada bentuk fisik dan perkembangan psikisnya. Hal ini bukan karena tidak disadari esensinya, melainkan pendidikan lebih mengutamakan mengejar ilmu pengetahuan dari pada mendidik dan membina kepribadian dan akhlak mulia anak didik sehingga berimplikasi terhadap dehumanisasi dan tidak berakhlak.

Namun nampaknya melihat fenomena yang terjadi dalam kehidupan remaja pada zaman sekarang ini sudah jauh dari nilai-nilai akhlak. Akibatnya bentuk penyimpangan terhadap nilai tersebut mudah ditemukan di lapisan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai peristiwa yang terjadi, yang menunjukkan penyimpangan terhadap nilai yang terdapat di dalamnya. Minimnya pengetahuan remaja terhadap pemahaman agama, akan semakin memperparah kondisi emosional remaja berupa dekadensi akhlak. Oleh karena itu, untuk memurnikan kembali kondisi yang sudah tidak relevan dengan ajaran Islam, satu-satunya upaya yang dapat dilakukan adalah dengan kembali kepada ajaran yang terdapat di dalamnya sebagaimana yang dilakukan oleh remaja masjid Fajar Ramadhan.

Pembinaan akhlak remaja masjid Fajar Ramadhan adalah dengan cara melakukan bimbingan atau menasehati apabila remaja berbuat salah, memperdalam ilmu pengetahuan terutama tentang materi akhlak dan mengadakan pengajian.  Pengaruh emosi remaja masjid Fajar Ramadhan terhadap pembinaan akhlak adalah positif, bahwa mayoritas responden menjawab bahwa pembinaan akhlak berpengaruh terhadap perbaikan emosi remaja masjid Fajar Ramadhan. Sebelum diadakannya pembinaan akhlak terhadap remaja ternyata emosi remaja masjid Fajar Ramadhan berdampak negative, hal ini dibuktikan dengan jawaban mayoritas responden yang mengatakan bahwa ada dampak negatif emosi remaja terhadap prilaku sehari-hari atau perbuatan akhlak. Dari hasil hipotesis penelitian terdapat pengaruh yang positif emosi remaja dan implikasinya terhadap pembinaan akhlak remaja masjid Fajar Ramadhan  Kecamatan Medan Johor dengan tingkat persentase 85  %.[]

One response to this post.

  1. Posted by ayoseneng on 14/02/2011 at 7:38 am

    hehe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: