FUNGSI PERPUSTAKAAN SEBAGAI SARANA ILMU PENGETAHUAN DAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SLTP TAMAN SISWA KEC. SEI BALAI KAB. BATU BARA


Judul:

FUNGSI PERPUSTAKAAN SEBAGAI SARANA ILMU PENGETAHUAN DAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SLTP TAMAN SISWA KEC. SEI BALAI KAB. BATU BARA

Nama:

RIA SARI

Abstraksi:

Perpustakaan sekolah adalah suatu unit kerja yang merupakan bagian integral dari lembaga pendidikan sekolah, yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang dikelola dan diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan oleh siswa dan guru sebagai sumber informasi dalam rangka menunjang program belajar mengajar di sekolah.

Perpustakaan sekolah berfungsi sebagai wadah pembinaan dan pengembangan ilmu pengetahuan para siswa. Sebagai pembinaan intelektual perpustakaan menyediakan segala jenis dan bentuk yang teratur dijadikan referensi keilmuan para siswa. Siswa dapat melihat buku-buku yang berkenaan dengan disiplin ilmunya, apabila ia lupa, maka bisa mancari lagi di perpustakaan.

Perpustakaan sekolah merupakan pusat sumber belajar, sebab kegiatan yang paling tampak pada setiap kunjungan siswa adalah belajar dengan membaca, baik belajar masalah-masalah yang berhubungan langsung dengan mata pelajaran yang diberikan di kelas.

Dengan demikian perpustakaan berfungsi sebagai wadah pembinaan dan pengembangan ilmu pengetahuan para siswa. Sebagai pembinaan intelektual perpustakaan menyediakan segala jenis dan bentuk yang teratur dijadikan referensi keilmuan para siswa. Siswa dapat melihat buku-buku yang berkenaan dengan disiplin ilmunya, apabila ia lupa, maka bisa mancari lagi di perpustakaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Fungsi Perpustakaan Sebagai Sarana Ilmu Pengetahuan Dan Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SLTP Taman Siswa Kec. Sei Balai Kab. Batu Bara.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh SLTP Taman Siswa yang berjumlah 112 orang. Sampel penelitian diambil dari seluruh populasi yaitu 112.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan dua variable, yaitu Fungsi Perpustakaan Sebagai Sarana Ilmu Pengetahuan Dan Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SLTP Taman Siswa Kec. Sei Balai Kab. Batu Bara.

Hasil analisis data memperlihatkan persentase Fungsi Perpustakaan Sebagai Sarana Ilmu Pengetahuan Dan Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SLTP Taman Siswa Kec. Sei Balai Kab. Batu Bara sebesar 70,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Fungsi Perpustakaan Sebagai Sarana Ilmu Pengetahuan Dan Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SLTP Taman Siswa Kec. Sei Balai Kab. Batu Bara berada dalam kategori baik.[]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: