HUBUNGAN KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI MAS AL-WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI


Judul:
HUBUNGAN KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DI MAS AL-WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Nama:
NURLIYATI

Abstraksi:
Kemampuan manajerial kepala sekolah adalah kemampuan seorang Kepala Sekola dalam mengelola, menata dan memimpin sekolah sebagai lembaga pendidikan. Apabila kepala sekolah memiliki kemampuan manajerial yang baik akan mempengaruhi terhadap kinerja guru. Oleh karena itu manajerial kepala sekolah berhubungan erat dengan kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 12 Perbaungan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai.
Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah yang dijadikan pertanyaan penelitian adalah bagaimanakah kemampuan manajerial kepala sekolah di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 12 Perbaungan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Bagaimanakah kinerja guru-guru Madrasah Aliyah Al-Washliyah 12 Perbaungan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru-guru di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 12 Perbaungan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Kepala sekolah memiliki kemampuan manajerial, hal ini terlihat dari adanya perencanaan yang baik dari kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Perencanaan tersebut juga dilaksanakan bersama guru dan staf yang ada yang sudah didesain di dalam struktur organisasi. Selain pelaksanaan perencanaan kepala sekolah juga selalu melakukan evaluasi terhadap kinerja yang dilakukan guru-guru, sekaligus meningkatkan kualitas guru serta melakukan diskusi dengan guru dan staf terhadap persoalan yang dihadapi. Kinerja guru menunjukkan adanya kinerja yang baik, hal ini terlihat dari sikap dan cara kerja guru yang melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai tenaga pendidik dan pengajar. Tanggung jawab penuh terhadap tugas dan kewajiban guru tidak terlepas dari perhatian kepala sekolah terhadap kebutuhan dan kepentingan guru. Kemampuan manajerial kepala sekolah memiliki hubungan yang erat terhadap kinerja guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Hubungan ini terlihat dari tingginya kinerja guru di sekolah dengan adanya pengelolaan manajerial yang baik dari kepala sekolah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: