PENGARUH MULTI METODE TERHADAP MINAT BELAJAR FIQIH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-HASANAH MEDAN


Judul:
PENGARUH MULTI METODE TERHADAP MINAT BELAJAR FIQIH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-HASANAH MEDAN

Nama:
SRI RAHIMAH

Abstraksi:
Berbagai macam metode pembelajaran seorang guru harus bisa menyesuaikannya dengan materi yang sedang diajarkan, dengan demikian pemahaman fiqih bagi siswa akan lebih meningkat. Berdasarkan pemantauan dan pengalaman mengajar guru pada siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hasanah Medan, siswa masih belum dapat memahami pelajaran fiqih dengan benar, hal ini dapat dilihat dari latihan sehari-hari di kelas, umumnya mereka kurang mampu untuk dapat melaksanakan dan mempraktekkan ibadah dengan baik.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah penerapan multi metode dalam pembelajaran Fiqih siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hasanah Medan. Bagaimanakah minat belajar fiqih siswa dengan menggunakan Multi Metode. Bagaimanakah pengaruh multi metode terhadap minat belajar fiqih siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hasanah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hasanah sebanyak 120 orang dan sample penelitian ini adalah 50 orang.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan multi metode dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Hasanah Medan adalah penggunaan berbagai metode yaitu metode ceramah, metode Tanya jawab, latihan dan hapalan. Metode ini merupakan penerapan multi metode yang dianggap relevan terhadap pembelajaran fiqih siswa dengan pembelajaran multi metode sebagaimana hasil penelitian adalah baik., yaitu dengan nilai yang cukup tinggi sesuai dengan hasil angket. Pengaruh penggunaan multi metode dalam pembelajaran fiqih menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Pengaruh ini terlihat dari hasil perhitungan skor variable X dan variable Y Melalui data tersebut diketahui bahwa ternyata r hitung lebih besar dari nilai r tabel (2.63 > 0.28), hal ini berarti multi methode dalam pengajaran fiqih mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hasanah Medan dengan tingkat signifikansi sangat tinggi karena berada pada posisi 0.80 0.10 (Korelasi sangat tinggi).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: