PERAN ORANG KETIGA DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA SMP NEGERI 1 PANAI HULU KABUPATEN LABUHAN BATU


Judul:
PERAN ORANG KETIGA DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA SMP NEGERI 1 PANAI HULU KABUPATEN LABUHAN BATU

Nama:
AL AZHARI

Abstraksi:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan yang dilakukan orang ketiga dalam membantu meningkatkan hasil belajar PAI, untuk mengetahui hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu tahun pembelajaran 2010/2011, dan untuk mengetahui pengaruh peranan orang ketiga dalam keluarga terhadap hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu tahun pembelajaran 2010/2011. Permasalahan yang diajukan antara lain: peranan apa sajakah yang dilakukan orang ketiga dalam membantu meningkatkan hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu tahun pembelajaran 2010/2011, bagaimanakah hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu tahun pembelajaran 2010/2011, dan bagaimanakah pengaruh peranan orang ketiga dalam keluarga terhadap hasil belajar PAI siswa SMP Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu tahun pembelajaran 2010/2011?
Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Populasi seluruh siswa SMP Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu tahun pembelajaran 2010/2011 sebanyak 274 orang terdiri dari 9 (sembilan) kelas. Berdasarkan jumlah populasi tersebut, maka tidak semua populasi diteliti. Sampel ditetapkan berdasarkan purposif (pemilihan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu) sebanyak 82 orang (30% dari populasi). Data diperoleh menggunakan angket peran orang kertiga dalam keluarga sebanyak 20 item dan hasil belajar PAI melalui studi dokumentasi dari Daftar Kumpulan Nilai PAI. Hubungan kedua variabel dihitung menggunakan rumus “r” Correlation Product Moment:
Dari analisis data, ditemukan bahwa nilai rata-rata peran orang ketiga dalam keluarga adalah 46,63 termasuk kategori tinggi, hasil belajar PAI adalah 71,28 termasuk kategori B (baik). Perhitungan koefisien korelasi menemukan bahwa peran orang ketiga dalam memberikan motivasi belajar berhubungan secara sifnifikan dengan hasil belajar PAI (Nilai rhitung > rtabel = 0,407 > 0,185) pada taraf signifikansi 5% atau  = 0,05, artinya semakin tinggi peran orang ketiga dalam keluarga maka semakin baik hasil belajar PAI siswa. Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh bahwa peran orang ketiga dalam keluarga berpengaruh atau berkontribusi sebesar 16,56% terhadap hasil belajar PAI, sehingga tinggi rendahnya hasil belajar PAI siswa dapat ditentukan oleh peran orang ketiga dalam keluarga. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% atau  = 0,05, dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya hasil belajar PAI dapat ditentukan oleh pemberian motivasi belajar dari orang ketiga dalam keluarga. Dengan demikian, hipotesis pada penelitian ini terbukti kebenarannya, dan diterima.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: