PERANAN GURU MEMBIMBING SISWA UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH NUR HASANAH MEDAN


Judul:

PERANAN GURU MEMBIMBING SISWA UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH NUR HASANAH MEDAN

Nama:

SRI HANDAYANI LUBIS

Abstraksi:

Siswa banyak mengalami kesulitan dalam belajar agama, namun kesulitan ini belum diketahui secara pasti faktor penyebab yang menjadikan siswa mengalami kesulitan. Sehingga penulis mengidentifikasikan antara lain : kemampuan mengajar guru yang belum sesuai dengan penggunaan metode dan penguasaan materi yang diajarkan. Hal ini juga membuat penulis untuk melahirkan suatu rumusan masalah yaitu bagaimanakah peranan guru membimbing siswa dalam mengatasi kesulitan belajar agama.

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apa faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar agama, Bagaimana peranan guru dalam membimbing siswa untuk mengatasi kesulitan belajar agama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Nur Hasanah Medan yang berjumlah 120 orang. Dalam penelitian ini penulis menetapkan sampel sebanyak 20% dari jumlah populasi yaitu 60 orang dengan ketentuan penarikan sampel yaitu random sampling artinya pengambilan sampel sesuai kepentingan dari si peneliti.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Bahwa siswa Madrasah Tsanawiyah Nur Hasanah Medan benar mengalami kesulitan belajar agama Islam, kesulitan yang dialami siswa adalah memahami materi pelajaran karena siswa menganggap bahwa materi yang diajarkan sangat sulit, akibatnya siswa tidak mampu menjawab pertanyaan dan menyelesaikan soal ulangan dan soal ujian. Faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar siswa adalah faktor intern atau dari dalam diri siswa itu sendiri, karena siswa memiliki pengetahuan agama yang minim karena kurang mendapatkan pendidikan agama sebelumnya baik pendidikan formal maupun non formal. Dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut guru memberikan bimbingan kepada siswa dengan menggunakan metode pengajaran yang tepat, melakukan pengelolaan belajar yang baik, serta memberikan berbagai upaya bimbingan dan memberikan penekanan terhadap siswa yang malas dan sering bolos sekolah dengan harapan siswa benar-benar dapat memahami pelajaran agama Islam dengan baik. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: