PERANAN WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA AFIFIYAH KOTA MEDAN


Judul:

PERANAN WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA AFIFIYAH KOTA MEDAN

Nama:

RUM SITI RAHMAH

Abstraksi:

Wali kelas adalah guru yang diberi kepercayaan oleh kepala sekolah untuk mengelola lokal dan mengkendalikan siswa dalam proses belajar mengajar, oleh karena itu peranan wali kelas sangat urgen dalam membina dan mengarahkan para siswanya dalam mencapai prestasi yang diinginkan.

Dalam proses belajar mengajar, peranan wali kelas sebagai seorang guru tidak pernah habis dan yang selalu ia tuntut adalah bagaimana bahan pelajaran yang disampaikannya dapat diterima dan dicerna oleh siswa dengan baik dan penuh semangat, sehingga siswa memiliki minat belajar yang keras dan mampu mengusai pelajaran secara tuntas. Ini merupakan masalah yang cukup sulit dirasakan oleh guru sebagai wali kelas. Kesulitan itu dikarenakan faktor siswa bukan hanya sebagai individu dengan segala keunikannya, akan tetapi mereka juga satu kelopok sosial yang memiliki latar belakang yang berbeda satu sama lainnya.

Wali kelas sangat berperan aktif dalam membantu kelancaran dan keefektifan proses belajar mengajar. Sehingga menghantarkan siswa kepada minat dan semangat yang kuat untuk lebih giat belajar. Penulis beranggapan bahwa setiap siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi maka akan menghasilkan siswa yang rajin belajar, jika siswa rajin belajar maka anak didik itu akan pintar dan cerdas, jika siswa cerdas maka ia akan berkualitas, dengan demikian tujuan pendidikan akan mudah dicapai.

Tujuan pnelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan wali kelas dalam meningkatkan presatsi belajar siswa. Untuk mengetahui strategi apa yang digunakan wali kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk mengetahui apakah ada hambatan yang dihadapi oleh wali kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif yaitu berupa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada 60 sampel. Sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa wali kelas sangat berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Afifiyah kota Medan, dengan 55% responden memberikan jawaban bahwa peranan wali kelas sangat berhubungan dengan prestasi belajar para siswa.

Ada beberapa strategi wali kelas dalam meningkatkan prestasi belajar para siswa, pertama, dengan selalu mengadakan evaluasi pembelajaran, 61% responden mengatakan selalu wali kelas mengadakan evaluasi, kedua, wali kelas sering mengadakan koordinasi dengan para guru bidang studi, 61% responden mengatakan bahwa wali kelas sering mengadakan koordinasi dengan para guru bidang studi, ketiga, wali kelas sering mengadakan musyawarah dan diskusi dengan para siswa untuk mengatasi beberapa kesulitan dalam proses belajar mengajar.

Hambatan yang dihadapi oleh wali kelas adalah kurangnya sarana pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar mengajar di sekolah SMA Afifiyah kota Medan, 66% responden memberikan jawaban bahwa salah satu kendala yang dihadapi oleh wali kelas dan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar para siswa adalah kurangnya sarana pembeljaran.[]

3 responses to this post.

  1. Posted by Anonymous on 24/07/2011 at 1:15 pm

    boleh ka minta skripsi tentang peranan wali kelas dalam meningkatkan minat belajar

    Reply

  2. Posted by KENTUNG on 27/07/2011 at 7:01 am

    MAU DONLOD BOLEHKAN

    Reply

  3. Posted by Anonymous on 29/07/2011 at 2:26 pm

    tambah lagi isinya supaya lengkap

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: