PROFIL PENDIDIKAN PADA JAMI’AH ISLAM SYEKH DAUD AL-FATHONI (JISDA) YALA THAILAND SELATAN


Judul:

PROFIL PENDIDIKAN PADA JAMI’AH ISLAM SYEKH DAUD AL-FATHONI (JISDA) YALA THAILAND SELATAN

Nama:

MISS NOOREEHAN ASAE

Abstraksi:

Pendidikan merupakan proses pembentukan manusia. Bahkan pendidikan juga menjadi sarana penerapan suatu pandangan hidup. majunya suatu bangsa atau suatu masyarakat tergantung pada pendidikan yang dinikmati, semakin maju suatu bangsa atua suatu masyarakat semakin tersa bahawa pendidikan itu menjadi kebutuhan manusia, miskipun ia menggunakan sistem dan metode yang berbeda sesuai dengan taraf kehidupan dan budaya masyarakat masing-masing. Sistem pendidikan yang diterapkan pemerintah Thailand sejauh ini belum mendukung pengembangan dan pemahaman anak-anak melayu fathoni terhadap syari’at islam. Pemerintah Thailand masih sangat muidah menanam pengaruhnya di masyarakat melayu fathoni. Hal yang sangat terasa bagi masyarakat melayu fathoni adalah bahawa mereka tertinggal di berbagai aspek kehidupan dibandengkan umat islam lian yang berada di Thailand, khususnya dalam bidang pendidikan. Dengan latar belakng tersebut maka para ulama’ dan cendikiawan muslim fathoni bersepakat menentukan perlunya lembaga pendidikan islam sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat melayu fathoni. Untuk itu di dirikan pesantren-peseantren (di fathoni lazim di sebut pondok) dan sekolah agama (madrasah) dan perguruan tinggi islam diantaranya Jami’ah Islam Syekh Daud Al-Fathoni di Yala Thailand Selatan. Jami’ah ini berfu gsi sebagai lembaga pendidikan formal yang didirakan oleh para ulama’dan cendikiawan fathoni dalam rangka memperbaiki nasib masyarakat melayu fathoni, khususnya dalam bidang pendidikan.

Jami’ah Islam Syekh Daud Al-Fathoni merupakan sebuah Jami’ah islam di Thailand Selatan. Perkembangan dan pertumbuhan pendidiakan pada Jami’ah tersebut di selengara oleh ulama’ dan cendikiawan dan di dokong oleh masyarakat muslim fathoni. Kenyataan di atas menggugah penulis untuk meneliti pada Jami’ah tersebut dengan Judul PROFIL PENDIDKAN PADA JAMI’AH ISLAM SYEKH DAUD AL-FATHONI (JISDA) YALA THAILAND SELATAN. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan, sistem pengajaran, kurikulum, dan fasilitas yang ada di Jami’ah ini.

Dalam pembahasan skripsi ini penulis menggambar kenyataan yang ada di Jami’ah Islam Syekh Daud Al-Fathoni pada masa sekarang. Sedangkan untuk mengumpulkan data penulis mengguna metode penelitian kepustakaan (library researcs) dan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik observasi, interview dan angket.

Jami’ah Islam Syekh Daud Al-Fathoni merupakan lanjutan dari Ma’had Al-Be’tsaat Addiniyah Dan Ma’had Al- Irsyad Lilbanad, dibawah naungan Yayasan Al-Syaqafah Al-Islamiah. Dalam prosese belajar mengajar system dan kurikulum yang di gunakan di JISDA menggunakan sistem dan kurikulum perguruan tinggi di mesir untuk Fakultas Syari’ah, Fakultas Ushuluddin, dan Fakultas Al-Lungat Al- Arabiyah. Disampeng itu juga JISDA menggunakan kurikulum perguruan tinggi yang berlaku di indonesia antuk Fakultas Tarbiyah. Hal tersebut berpedomen pada persamaan nilai-nilai keagamaan dan nilai-nilai Melayu. Dalam menciptakan suasana pendidikan yang efektif dan efesien, maka lembaga tersebut berusaha membina kegiatan baik intra kurikuler maupun extra kurikuler, dan juga para dosen sering member bimbingan dan motivasi melaksanakan kegiatan keaganma dan kegiatan hari-hari besar islam. Proses perkuliah di JISDA secara umum sudah memperlihat hasil positif, namun dalm pelaksanaan masih di temui kendala (kekurangan-kekurangan) dalm pembinaan pendidikan seperti terbatasnya kemajuan ekonomi, masyrakat jumlah tenaga pengajar terbatas, jumlah buku-buku perpustakaan belum memadai. Kekurangan diatas menurut penulis masih wajar saja kerana JISDA baru saja didirikan. Kebanyakan fasilitas bersuber dari usaha tokoh masyarakat dan bantuan dari masyarakat. Maskipun dimikian JISDA adalah kabanggaan tokoh dan umat islam Melayu Fathoni. Ia merupakan universitas pertama yang didirikan oleh tokoh masyarakat fathoni yang bisa menampung lulusan madrasah Aliyah kejenjang pendidikan tinggi Islam.[]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: