SISTEM MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU DI MAS AL-WASHLIYAH 01 JALAN ISMAILIYAH KEC. MEDAN AREA


Judul:
SISTEM MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU DI MAS AL-WASHLIYAH 01 JALAN ISMAILIYAH KEC. MEDAN AREA

Nama:
Siti Hajar

Abstraksi:
Salah satu fungsi manajemen kepala sekolah adalah memberikan motivasi terhadap para guru dengan memberikan aspirasi, dorongan dan semangat kepada para guru agar mau dan rela untuk melakasanakan kegiatan yang telah ditentukan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan bersama sebelumnya. Keberhasilan sekolah tidak terlepas dari tugas dan tanggung jawab serta peranan kepala sekolah. Dalam meningkatkan motivasi mengajar guru, peranan kepala sekolah sangat besar, bukti bahwa peran tersebut sangat besar adalah dimana ketidakhadiran kepala sekolah menjadikan kegiatan belajar mengajar kurang terarah dan terkontrol. Jika berjalanpun maka kegiatan belajar mengajar asal berjalan saja, mengingat setiap guru yang akan menyampaikan materi pelajaran terlebih dahulu membuat program pengajaran harian untuk diteliti dan disahkan oleh kepala sekolah.
Dengan adanya manajemen kepala sekolah diharapkan kepada para guru agar lebih termotivasi dalam mengajar untuk mencapai keberhasilan belajar siswa. Bisa dibayangkan bagaimana sebuah sekolah yang tidak di manej dengan baik tentu akan menimbulkan permasalahan sehingga berdampak bukan saja kepada para guru akan tetapi juga berdampak terhadap para siswa yang nantinya akan menurunkan prestasi belajar siswa.
Ada beberapa manajemen yang diterapkan oleh kepala sekolah MAS al-Washliyah 01 Jalan Ismailyah, diantaranya sebagaimana yang dijawab oleh responden, 30 orang (49%) menjawab salah satu manajemen yang diterapkan oleh kepala sekolah adalah memberikan intensif kepada para guru. 29 orang (47%) dari responden menjawab bahwa kepala sekolah melakukan manajemen dengan pendisiplinan yang cukup baik, 2 orang (3%) dari responden menjawab bahwa kepala sekolah memenuhi kebutuhan guru dalam mengajar.
Setelah dilakukan penghitungan melalui rumus Product Moment, maka diketahui pengaruh manajemen kepala sekolah dengan motivasi guru dalam mengajar di Madrasah Aliyah al-Washliyah 01 Jalan Ismailiyah Kecamatan Medan Area tergolong sangat tinggi, ini bisa dilihat dari hubungan kedua variabel di atas yaitu sebesar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: