UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA DI MA`HAD AL ULUM AD-DINIYAH POHON TANJUNG NARATHIWAT DI SELATAN THAILAND


Judul:

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA DI MA`HAD AL ULUM AD-DINIYAH POHON TANJUNG NARATHIWAT DI SELATAN THAILAND

Nama:

MISS. ASAMA DOLAH

Abstraksi:

Pendidikan agama Islam juga ditujukan untuk mencapai keseimbangan pertumbuhan dari pribadi manusia secara menyeluruh melalui latihan-latihan kejuwaan, akal, fikiran, kecerdasan dan panca indra. Karena itu pendidikan Islam harus mengembangkan seluruh aspek kehidupan manusia, baik sepiritual, intelektual, imajinasi (fantasi), jasmaniah, keilmiahannya, bahasanya, baik secara individual maupun kelompak serta mendorong aspek-aspek itu ke arah kebaikan dan ke arah pencapaian kesempurnaan hidup.

Pendidikan Islam itu berlangsung selama hidup, yaitu berjuang terbentuknya insan kamil dengan pola takwa dapat mengalami perubahan naik turun, bertambah dan berkurang dalam perjalanan hidup seseorang perasaan lingkungan dan pengalaman dapat mempengaruhinya orang yang sudah taqwa dalam bentuk insan kamil, masih perlu mendapatkan pendidikan dalam rangka pengembangan dan penyempurnaan, sekurang-kurangnya pemeliharaan supaya tidak lintur dan berkurang, meskipun pendidikan oleh diri sendiri dan bukan dalam pendidikan formal.

Tujuan pendidikan Islam keperibadian muslim, yaitu suatu keperibadian yang seluruh aspeknya dijiwai oleh ajaran Islam. Orang yang keperibadian muslim dalam Al-Quran di sebut “ Muttaqin “ karena itu pendidikan Islam berarti juga pembentukan manusia yang bertaqwa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh upaya guru agama dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama siswa di Ma’had Al-Ulum Ad-Diniyah Pohon Tanjung Narathiwat di selatan Thailand.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga Chi Quadrat  yaitu  64.3, oleh karena itu hipotesa pada penelitian ini diterima atau ada pengaruh upaya guru agama dalam meningkatkan kualitas pendidikan agam siswa di Ma’had Al-Ulum Ad-Diniyah Pohon Tanjung Narathiwat di selatan Thailand.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: