Sejarah


Sejarah Fakultas Agama Islam
Fakultas ini didirikan pada Tanggal 07 Januari 1945 bertepatan dengan 02 Jumadil Ula 1372 H oleh Dewan Pimpinan Perguruan Tinggi Islam yang diketahui oleh H. Bahrum Jamil, SH. dan Sekertaris H. Adnan Benawi, SH.
Berdirinya fakultas ini didukung oleh ulama Sumatera Utara antara lain:
– H. Abd Al Rahman Syihab
– H. Arsyad Thalib Lubis
– Syekh Abdullah Afifuddin
– H. Bustami Ibrahim
– H. Adnan Lubis
– P. Siregar
Dalam perkembangan berikutnya Fakultas Agama ini berubah menjadi Fakultas Syari’ah. Sebagai tindak lanjutkan dari surat edaran tersebut, maka Yayasan UISU dengan SK No. 59 tahun 1997 Tanggal 19 / Jumadil Akhir 1418 H/21 Oktober 1997 M Melikuidasi (menyatukan) Fakultas Syari’ah dan Tarbiyah menjadi Fakultas Agama Islam UISU, konsekwensinya adalah mencabut SK penganggkatan Dekan masing-masing fakultas dan Memilih Dekan yang baru untuk FAI UISU.
Pada taggal 15 Desember 1997 Senat Fakultas agama Islam UISU melakukan pemilihan Dekan. Calon yang diajukan adalah H. Mahmud Aziz Siregar, M.A. dan Drs. Said Lukaman Alhinduan dalam pemilihan tersebut terpilih H. Mahmud Aziz Siregar, M.A.
Dengan Surat Rektor No. 631/r-4/IV/1998 disusul pengangkatan H. Mahmud Aziz Siregar, M.A. menjadi Dekan FAI masa bakti 1998-2001. Selanjutnya berdasarkan SK Yayasan UISU No. 71 Tahun 1998 Tanggal 14 Rabiul Awwal 1419 H. 08 Juli 1998 dikukuhkanlah H. Mahmud Aziz Siregar, M.A. menjadikan Dekan FAI UISU.
Dekan terpilih mengajukan calon untuk ditetapkan menjadi Pembantu Dekan, berdasarkan SK Yayasan UISU No. 76 Tahun 1998 ditetapkanlah Pembantu Dekan.
Setelah berakhirnya masa bakti dekanat yang dipimpin H. Mahmud Aziz Siregar, M.A. diadakanlah pemilihan dekan yang baru priode 2002-2006, sesuai dengan ketentuan yang ada bahwa calon mesti didukung oleh sekurang-sekurangnya tiga suara. Pada saat itu terjaringlah calon berikut:
1. Drs. H. Syarifuddin Elhayat : 5 Suara
2. Drs. Usman Husni : 2 Suara
3. Drs. Ramlan Yusuf Rangkuti, M.A : 1 Suara
4. H. M. Tahib Nasution, LML. : 1 Suara
Dengan demikan, yang berhak untuk maju dalam pemilihan adalah Drs. H. Syarifuddin Elhayat dalam pemilihan Tanggal 4 September 2002 12 Senat Fakultas memilih dengan suara bulat Drs. H. Syarifuddin Elhayat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: